Haruskah bercerai?


jahe-merah-karomah-propolis-5

Pertanyaan:

saya adalah seorang anak dari pasangan a dan n. 2 tahun belakangan ini kehidupan orangtua saya tidak lagi harmonis, ini disebabkan krna ayah saya telah berselingkuh. tetapi sebulan kemudian sempat berbaikan dan ayah saya berjanji untuk tidak mengulanginya lagi, tapi berulang kali diulangi lagi. ibu saya selama ini bertahan karena saya dan adik saya masih membutuhkan biaya, ayah saya masih membiayai saya tetapi sudah tidak pernah memberi nafkah kepada ibu saya, walaupun diberi pasti ayah saya marah2 dulu dengan ibu saya. sampai pada puncaknya ibu saya sudah tidak kuat dan berkeinginan untuk berpisah. menurut anda bagaimana seharusnya saran terbaik untuk ibu saya? karena saya lihat jalan mereka untuk berbaikan sudah tertutp. terima kasih. saya tunggu jawaban anda.

h****a.t****e@gmail.com

 

Jawaban Admin :

Adik Penanya Ykh..

Pelik memang permasalah seperti yang dikemukan diatas, disatu sisi ada permasalahan yang mengganggu kenyamanan, disisi lain ada hal yang memang berbenturan dengan keadaan.

Hal yang pertama harus dilakukan adalah berdoa, mintalah kepadaNya agar diberikan kebaikan bagi orang adik. Agar masalah diantara mereka mendapatkan solusi yang terbaik.

Selanjutnya, jika adik mampu berbicara baik2 dengan mereka, maka bicarakanlah, biasanya anak ketika dia sudah beranjak dewasa, maka perkataannya bisa didengar oleh orang tua, beri nasehat kepada ayah, agar ayah bertaubat dari kesalahannya, dan beri nasehat kepada ibu agar bersabar terhadap apa yang sedang terjadi.

Perceraian bukanlah sebuah jalan utama, akan tetapi jalan terakhir disaat benar2 diantara kedua pihak dari suami dan istri sudah tak mampu lagi dipersatukan. Dan ingatlah, efek buruk dari perceraian akan sangat banyak sekali, hilangnya kasih sayang kepada anak, pembagian harta yang kadang berujung kepada keributan, dan lain2.

Dan jika harus menempuh jalan cerai, maka diharapkan keduanya bisa berpisah dengan baik2, dan masing2 pihak haruslah memahami porsi kewajibannya masing2, misalkan ayah, ayah tetap wajib menafkahi anak2 mereka selama mereka masih termasuk kategori dalam tanggungan orang tua.

Terakhir, cobalah berusaha mempersatukan mereka kembali, dan saya berharap, usaha adik di berikan kemudahan oleh Allah.

Sebagai referensi bacaan juga buat adik, bisa dibaca disini :

https://prosotpasutri.wordpress.com/2012/07/03/jadikan-cerai-sebagai-alternatif-terakhir/

 

Salam :

 

Muhammad Yusuf

Admin Blog Ruang Keluarga

About Abu Iram Al-Atsary

kumpulan catatan dari akun facebook http://facebook.com/abu.iram

Posted on 24 April 2014, in Konsultasi Keluarga and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tulis Respon Anda Disini :

