Anak Anda Susah tidurkah ?


malamSeringkali Ummi dan Abi si kecil mengeluhkan :

“Duh anak saya sejak usia 2 tahun, susah untuk tidur, kalau tidur mestinya malam sekali.. ” 

Begitulah diantara keluhannya. Bahkan sebagian lagi ada yang sampai mesti selalu di gendong, dibawa jalan jalan pakai motor, dan mobil, atau dibawa digendong keluar rumah. Aduuuh, jelas merepotkan ya..

Nah Ummi dan Abi si kecil..

Penyakit susah tidur ( insomia ) memang bukan saja menjangkiti orang dewasa, yang sedang banyak bayaran, yang sedang banyak masalah atau sedang ada pekerjaan serius yang membutuhkan konsentrasi tinggi . Tetapi bisa menjangkiti si kecil mungil, lucu bin terkadang membuat kita sebal dan kesal, tapi mudah terobati dengan gaya senyumannya yang nakal..

Jika Abi dan Ummi mengetahui penyebab sulitnya bobo si kecil, maka mungkin bisa mudah dicarikan solusinya. Nah berikut diantara penyebab sulitnya bobo si kecil..

1. Tak terbiasa suasana gelap, dari kecil dibiasakan tidur dalam suasana terang, eh pas lampu di matikan, dia menjadi rewel susah bobo. Ini sebuah hal yang biasa, maka hal yang perlu dilakukan adalah pembiasaan terhadap suasana gelap, Abi dan Ummi bisa mencoba mensiasati dengan mematikan lampu kamar dan menyalakan ruangan lain, sehingga ada cahaya masuk dan tak menjadi terlalu gelap. atau dengan membuat penerangan lampu remang remang , sehingga tak menjadi sebuah hal menakutkan bagi si kecil karena belum terbiasa.

2. Si kecil tidak merasa nyaman dengan suhu, apakah mungkin terlalu panas, terlalu dingin, atau sprei gatal karena lama tak Ummi ganti, atau perhatikan pula punggung si kecil, barangkali ada biang keringatnya. Atau ada yang dirasa, semisal hidung mampet sebelah, pampers yang sudah over load juga membuatnya tidak nyaman, atau bahkan gatal gatal.

3. Jika si anak sudah mulai beraktifitas sekolah, maka bisa jadi dia sedang ada masalah dengan pelajarannya, atau dengan kawannya, atau dengan apa yang akan dia hadapi esok harinya, entah karena ada lomba jadi tegang, atau ada ulangan yang menurutnya sukar.

4. Depresi terhadap keadaan lingkungan, rumah tangga, dan kondisi sekitar, kadang membuat anak juga sulit tidur.

Nah Abi dan Ummi, dengan mengetahui beberapa informasi diatas, siapa tahu masalah sulit tidur si kecil bisa diatasi ya… semoga..

 

About Abu Iram Al-Atsary

kumpulan catatan dari akun facebook http://facebook.com/abu.iram

Posted on 31 Juli 2013, in Pendidikan Untuk Anak and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tulis Respon Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: